Selasa, 30 Desember 2008

SCAM / Penipuan

Bisnis internet adalah sebuah bisnis yang sangat menjanjikan dan nyata hasilnya. Tidak terhitung lagi banyaknya orang yang telah berhasil meraih uang dari internet, baik hanya recehan hingga mencapai jutaan dollar. Hanya saja perlu Anda ketahuii bahwa tidak semua bisnis ini menjanjikan, ada yang benar-benar jujur dan nyata, tapi sebagian lainnya adalah SCAM / Penipuan.
Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui apakah suatu bisnis itu Scam atau tidak? Berikut beberapa tips mudah untuk mengetahuinya :

● Perhatikan baik-baik tawaran di situs tersebut
Apakah tawarannya masuk akal? Apakah tidak berlebihan? Jika tawarannya masuk akal, tidak berlebihan, bisa ada kemungkinan berhasil. Tapi jika tawarannya terlalu bagus... kemungkinan besar ada yang tidak beres.
● Perhatikan sistem kerjanya
Bagaimana sistem kerja dari bisnis yang ditawarkan kepada Anda? Apakah menjual barang? Apakah menjual jasa? Atau member get member?
● Jika menjual barang / jasa, itu jelas masih logis. Tapi harap diingat, ini jika tidak menganut sistem MLM. Sedangkan jika menganut sistem MLM, berhati-hatilah, karena biasanya posisi Anda ada di tempat yang merugikan.
● Jika member get member, ini lebih parah lagi. Anda hanya bisa mendapat uang dengan mengajak orang lain menjadi member di program bisnis tersebut.

● Perhatikan, sudah berapa lama bisnis itu berdiri
Untuk melihat apakah suatu bisnis itu benar-benar nyata bisa dilihat dari umur bisnis tersebut. Secara umum (bukan pasti) sebuah bisnis yang baik akan
bertahan bertahun-tahun dan tidak akan punah.

Contoh : http://whois.domaintools.com/clixsense.com
Di sana terlihat datanya bahwa : Creation date: 29 Dec 2006 14:53:35
sudah cukup lama bertahan. Karenanya sedikit banyak bisa disimpulkan bahwa ini adalah sebuah bisnis yang cukup dapat diandalkan.

● Perhatikan, berapa banyak situs itu disebut
Salah satunya adalah dengan melihat seberapa banyak bisnis itu disebut2 di internet. Caranya cukup datang ke search engine (google, yahoo), lalu ketikkan nama situs bisnis tersebut dan perhatikan berapa banyak halaman di internet yang menyebut2 tentang situs bisnis itu. Logikanya semakin banyak semakin terkenal (walau bukan
berarti semakin baik).

● Perhatikan, apakah situs itu scam atau bukan

Kali ini saya menggunakan google sebagai search engine dan menggunakan
scam awsurveys.com
sebagai keyword pencarian. Dan ternyata hasilnya ::
Results 1 - 10 of about 45,200 for scam awsurveys.com
Sekarang Anda coba perhatikan link-link yang dimaksud. Ikuti dan baca link yang disertakan. Hasilnya? Ternyata banyak sekali laporan bahwa Awsurveys memang scam! Jadi sebaiknya Anda tidak join di bisnis ini.

Mudah kan? Karenanya lakukan langkah-langkah di atas terlebih dahulu sebelum Anda join suatu bisnis. Sebelum menyia-nyiakan waktu Anda berbisnis tidak jelas, lebih baik Anda melakukan penelitian dulu.

Semoga bermanfaat =)

0 komentar:

 

blogger templates | Make Money Online